Berikut Dampak Buruk Dari Perbuatan Selingkuh.


Selingkuh (Suami atau isteri) merupakan sikap pilihan hidup yang pengertiannya adalah PENGHIANATAN. Saya yakin siapapun kalau mau secara jujur mengakui bahwa dirinya tak akan pernah bersedia dikhianati atau diselingkuhi oleh pasangan yang sangat dicintainya.



Perselingkuhan hanyalah kesenangan sesaat saja tetapi ada dampak yang lebih buruk dan bahaya dari perbuatan perselingkuhan tersebut , antara lain sebagai berikut:

1. Sisi Agama
Kendati perselingkuhan yang dilakukan hanya sebatas ketidaksetiaan emosional, berhati-hatilah  karena dengan perbuatan tersebut pelakunya bisa juga melakukan perzinahan baik itu zina hati, zina mata, zina tangan Terlebih lagi jika perselingkuhannya menghantarkan kepada sebenar-benarnya zina (zina kemaluan). Padahal, mendekati zina saja sudah tidak boleh, apalagi melakukannya.

Allah Jalla wa ‘Ala berfirman,

“Dan janganlah kalian mendekati zina. Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al-Isra’: 32).

Dan kalau terjadi perzinahan maka ada akibat buruk untuk pelakunya di Dunia dan Akhirat.

Akibat di Dunia:

Kalau sudah sampai ke tingkat zina besar, yah itulah salah satu bentuk dosa besar atau dalam bahasa Arabnya disebut kabaair.

Imam Asy-Syafi’i ra pernah berpesan: “Hindarilah segala yang tidak pantas dilakukan oleh seorang muslim. Zina adalah utang. Jika engkau mengambilnya, maka ketahuilah, tebusannya adalah anggota keluargamu. Barang siapa berzina, akan dizinai meskipun di dalam rumahnya. Camkanlah, jika engkau termasuk orang yang berakal.”

Seperti pepatah buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya, bisa kita maknakan kalo orang tuanya berbuat selingkuh dan berzina maka jangan heran anak- anaknya nanti akan mengikuti perbuatan orang tuanya.

Akibat di Akhirat :

Adapun balasan diakhirat sangat banyak keterangan baik itu di Alquran dan hadist-hadist rasulullah yang melarang perbuatan zina,

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“فانطلقنا فأتينا على مثل بناء التنور ” – قال عوف: أحسب أنه قال -: ” فإذا لغط وأصوات، فاطلعنا فإذا فيه رجال ونساء، وإذا هم يأتيهم اللهب من أسفل منهم، فإذا أتاهم ذلك ضوضووا، قال: قلت: من هؤلاء؟ قال: لي انطلق ” – فذكر الحديث ثم قال في التفسير: ” أما الرجال والنساء العراة الذين في مثل بناء التنور فإنهم الزناة والزواني “أخرجه البيهقي في شعب الإيمان رقم 5036.صححه الألباني في صحيح الجامع الصغير جزء 1 ص 651

“Kemudian kami berlalu, lalu sampai pada sebuah bangunan seperti tungku pembakaran.” -Auf, perawi hadits- berkata, “Sepertinya beliau juga bersabda, ‘Tiba-tiba aku mendengar suara gaduh dan teriakan.’” Beliau melanjutkan, “Kemudian aku menengoknya, lalu aku dapati di dalamnya laki-laki dan perempuan yang telanjang. Tiba-tiba mereka didatangi nyala api dari bawah mereka, mereka pun berteriak-teriak.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku bertanya (pada Jibril dan Mika-il), ‘Siapa mereka?’ Keduanya menjawab, ‘Adapun laki-laki dan perempuan yang berada di tempat seperti tungku pembakaran, mereka adalah para pezina.’

Sudah jelas perbuatan zina akan menanggung dosa yang besar dan menerima ganjaran balasan yang berat didunia maupun diakhirat.


2. Sisi Keluarga
Pada akhirnya, perselingkuhan bisa membuat Anda putus hubungan dengan istri atau suami. Sebenarnya, kita semua mengetahui bahwa selingkuh adalah perbuatan tidak terpuji dan berdosa. Mungkin Anda merasa senang saat memiliki selingkuhan tapi percayalah bahwa itu hanya kenikmatan sesaat saja, selanjutnya Anda hanya mengundang masalah untuk hidup Anda sendiri.

Sudah jelas dampaknya sangat besar bagi keluarga, keluarga yang sudah lama dibina akan berantakan dan yang menjadi korban adalah anak- anak kita, mereka yang seharusnya diberi perhatian dan kasih sayang menjadi terabaikan, yang membuat mereka depresi dan dampak emosional yang berat bagi anak yang mengetahui orang tuanya berselingkuh, yang tidak menutup kemungkinan mereka akan berbuat seperti perbuatan orang tuanya kelak.


3. Sisi Ekonomi
Orang yang yang berselingkuh relatif lebih boros dalam hal keuangan, penghasilannya akan terbagi antara keluarga dan selingkuhannya, dan yang lebih parah lagi kalo lawan selingkuhan  selalu menuntut material sehingga mau tidak mau ia akan menghabiskan uangnya hanya untuk mememenuhi kebutuhan hidup selingkuhannya dan mengabaikan keluarganya.


4. Sisi kesehatan
Menurut para ilmuwan Italia dari University of Turin, pria yang tidak setia memiliki risiko lebih tinggi menderita sakit kepala atau aneurisma. Hal ini merupakan akibat bahwa orang yang berselingkuh cenderung lebih sering mengalami tekanan dan stres.

Para peneliti dari University of Colorado mengambil kesimpulan yang mendukung bahwa selingkuh berbahaya bagi kesehatan tubuh seseorang. Perselingkuhan tidak hanya memberikan pengaruh buruk pada orang yang berselingkuh saja, orang yang diselingkuhi juga merasakan dampak negatif pada kesehatan mental mereka.

Setelah mereka mengetahui bahwa pasangan mereka berselingkuh, mereka akan lebih sering depresi. Rasa dikhianati membuat mereka menjadi selalu ketakutan. Dampak ini sama dengan rasa depresi orang yang selamat dari kecelakaan mobil mengerikan.


5. Sisi Emosional
Orang yang berselingkuh pikiran dan emosionalnya tidak akan stabil ,sering marah- marah , egois, mudah berbohong ,Sering molor dalam aktifitas dan pekerjaan pikiran jadi nggak fokus dengan tanggung jawab  pekerjaan serta gelisah  resah susah untuk berkonsentrasi . itu dikarenakan dia mempunyai beban moral yang dia tidak sadari secara langsung.

Tidak jarang orang yang berselingkuh pada akhirnya akan mendapatkan penyakit jantung dan strok.


Tambahan penting:

Kebanggaan menggandeng pria atau wanita idaman lain yang “lebih” daripada pasangan Anda mungkin Anda rasakan saat berselingkuh. Anda merasa senang karena mendapatkan perhatian dan hal-hal lain yang tidak diperoleh dari pasangan Anda. Namun sadarilah bahwa tidak ada pasangan yang sempurna di dunia ini, Anda hanya harus bisa menerima dan menyayangi dia sepertia dia juga mau menerima dan mencintai Anda.
Dan ketahuilah bahwa saat Anda selingkuh anda telah melakukan penghianatan bagi keluarga anda dan mengingkari ikrar pernikahan kepada Allah SWT dan anda akan menerima ganjaran pembalasan yang berat baik itu didunia maupun pertanggung jawaban diakhirat kelak. Wassalam.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Berikut Dampak Buruk Dari Perbuatan Selingkuh."

  1. Ada orng sekali di hiyanati tidak akn percaya lagi sampai kapan pun. Wanita yg ktmu kwan lama dan duduk brdua di kursi sofa scara berdekatan hanya berdua tidak ada orqng lain , meskipun sudah minta ijin suami tetap perbuatan dosa zinah apalagi ktmu sembunyi2 tanpa vi ketahui mukrimnya,itu aib.

    ReplyDelete
  2. Semoga kita di jauhkan dari perbuatan zina, aamiin

    ReplyDelete