Waspadalah Bisikan dan Godaan Setan Bagi Pengguna Jejaring Medsos


Siapa yang tidak kenal dengan Media Sosial? Di zaman tekhnologi modern ini yang disebut dengan media sosial sudah tidak asing lagi bagi kita, baik itu Facebook, BBM, Twitter, Line, Instagram, whatshaf dan lain sebagainya. Tidak hanya anak muda tapi bahkan sampai Kakek dan nenek pun banyak yang menggunakannya.



Pada dasarnya seseorang menggunakan medsos adalah untuk, menambah pertemanan, tempat curhat menjalin mitra bisnis dan lain sebagainya. Terkhusus untuk para aktivis dakwah tentunya medsos sangat membantu sebagai sarana jitu mereka untuk berdakwah, untuk menebar dan mengajak kebaikan, sungguh niat yang sangat baik dan mulia.

Namun kita harus berhati-hati dalam penggunannya, karena banyak goda'an dan bisikan syetan yang tanpa kita sadari ketika kita menggunakan Media Sosial, nah berikut beberapa diantaranya:

1. Setan sering menggoda kita dan membisikkan untuk memamerkan kegiatan-kegiatan ibadah atau kegiatan amal yang kita lakukan agar kita mendapat pujian di Media Sosial, dengan adanya Like dan komentar menambah kita berbangga diri, Tanpa kita sadari kita lupa bahwa bukankah kita tahu bahwa Niat Beramal tidak dengan Allah akan sia-sia? dan malah menjurumuskan kita akan dosa Riya.

2. Pada saat kita kesal dan marah Setan kerap kali membisikkan pada kita agar mengungkapkan kemarahan dan kebencian kita di media sosial. Nah kasus ini banyak terjadi pada kita umumnya, pada saat emosinya naik kemudian ia membuat kata-kata status yang tidak mengenakkan dimedia sosial dan bahkan menyinggung dan menyindir orang lain secara berlebihan , ini tentunya sangatlah tidak baik. Ketika kita melakukan hal tersebut boleh jadi akan banyak beberapa teman kita yang membaca akan tersakiti dan tersinggung oleh kata-kata kita dan hal tersebut juga bisa menimbulkan rusaknya hubungan silaturahmi di antara kita. Tentunya kita tidak menginginkan hubungan silaturahmi kita dengan teman-teman baik kita rusak gara-gara emosi sesaat yang kita ungkapkan di media sosial.

3. Setan selalu ingin menjerumuskan orang-rang yang berniat baik dan berdakwah di media Sosial. Awalnya mungkin kita mempunyai niat ingin mengajak seseorang pada kebaikan, namun terkadang setan membuat kita merasa bahwa diri kita adalah orang yang sudah sangat baik dan alim sehingga kerap kali kita sombong dan berbangga diri dengan apa yang kita lakukan. Oleh karena itu kita harus senantiasa beristigfar dan meluruskan niat saat ingin menyebar kebaikan di media sosial.

4. Setan sering membisikkan kepada kita prasangka-prasangka buruk terhadap teman sosial media kita. Misalkan saja ketika ada teman kita yang mengupload foto-foto mesra dengan lawan jenis setan kerap membuat kita menganggap bahwa lawan jenis yang ada di foto itu adalah pacar mereka, kita kerap menilai orang tersebut sebelah mata hanya karena status dan fotonya di media sosial. Padahal kenyataannya orang yang berfoto dengan teman kita tersebut adalah kakaknya, atau malah sudah jadi suaminya. Jadi kita juga harus hati-hati dengan hal ini.

5. Setan kerap kali membuat kita tidak bisa membatasi pergaulan kita dengan lawan jenis di media sosial. Setan sangatlah lihai dalam hal menggoda anak adam, saat kita membuat sebuah status terkadang banyak yang like dan komen status kita dan itu biasanya kebanyakan adalah lawan jenis. Kita asyik bercanda dan berbincang bincang di media sosial seolah itu merupakan hal biasa, setelah itu kemudian saling curhat, karena seringnya curhat lama kelamaan akhirnya timbul perasaan diantara keduannya. Perasaan itu bisa saja hanya karena nafsu bisikan setan namun juga bisa karena fitrah. maka tidak jarang banyak orang yang selingkuh di media sosial yang mengakibatkan keluarga menjadi berantakan. oleh karena itu sekiranya komentar-komentar itu tidak penting sebaiknya janganlah dilakukan karena setan memang selalu akan menyesatkan.

6. Dengan banyaknya Like terutama ketika mengupload foto kemudian setan membisikkan kita bahwa kita menarik dan seksi, kemudian kita terbuai dengan godaan untuk mengupload foto yang lebih berani dan menantang untuk mendapatkan like yang lebih banyak, yang akhirnya kita secara tidah sadar menampilkan foto yang nampak aurat dan bahkan ini mengakibatkan yang melihat menimbulkan pikiran mesum, tentunya ini sangat dilarang dalam agama Islam.

Saran:

Tulislah hal-hal yang baik, Perlu diingat ketika kita menyebarkan sesuatu yang bermanfaat di Media Sosial tentunya walaupun sudah kita sudah tiada maka selama seseorang yang membaca dan mengambil manfaat yang baik dari tulisan kita tentunya pahala kebaikan akan terus mengalir, dan begitu juga sebaliknya jika kita sering menyebarkan foto, tulisan  atau video-video yang tidak baik maka selama orang lain melihat dan bahkan mengundang Nafsu birahi maka Dosa akan juga terus mengalir, Nauzubillah min zalik.

Karena itu pandai- pandailah menggunakan Media Sosial jangan sampai kita terjurumus dengan godaa-godaan setan yang akhirnya akhlak dan akidah kita menjadi rusak, semoga kita diberi kekuatan oleh Allah SWT  untuk melawan bisikan-bisikan setan tersebut karena kita tidak akan bisa melakukan apapun tanpa petunjuk dari-Nya.

Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadalah Bisikan dan Godaan Setan Bagi Pengguna Jejaring Medsos"

Post a Comment