Inilah Waktu Yang Mustajab Untuk Memanjatkan Doa Agar Doa Kita Cepat Dikabulkan



Waktu yang Mustajab Untuk Berdoa - Kapanpun dan dimanapun kita dapat berdoa kepada Allah SWT, karena Allah SWT sangat menyukai hambanya yang berdo’a, begitu banyak firman Allah tentang anjuran ber Do’a didalam kitab Suci AlQuran, berikut beberapa firman Allah SWT Artinya : "berdoalah kamu kepadaku,niscaya kuperkenankan permintaan kamu itu" (AL-mu'min : 60).

Allah SWT telah memberikan masing-masing waktu dengan keutamaan dan kemuliaan yang berbeda-beda, diantaranya ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk berdoa, dan kita perlu mengetahuinya agar doa kita dapat cepat diterima dan dikabulkan, berikut penulis mencatat waktu- waktu yang baik untuk berdoa dari berbagai Sumber :

1.  Doa di sepertiga malam yang terakhir. Berdasarkan hadist dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda. “Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman ; barang siapa yang berdoa, maka Aku akan kabulkan, barang siapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barang siapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya”. (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, At-Tirmidzi dan Ibnu Abi ‘Ashim)

2. Berdoa setelah sholat fardhu. Berdasarkan hadits dari Abu Umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu. (HR. Tirmidzi)

3.  Pada hari Jumat. berdasarkan hadist dari Abu Hurairah Ra, bahwasanya Rosulullah Saw menyebutkan tentang hari  Jumat kemudian beliau bersabda: ‘Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta’. Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut” (HR. Bukhari – Muslim).

4.  Bangun Malam, Sebelum Tidur Dalam Keadaan Suci dan Berdzikir Kepada Allah. Dari Muad bin Jabal ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya”. (HR. Ibnu Majah)

5.Terbangun tanpa sengaja pada malam hari. (An-Nihayah fi Gharibil Hadits 1/190)

6.   Doa Diantara Adzan dan Iqamah.Dari Anas bin Malik ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah”. (HR. Abu Daud, At-Tirmidzi dan Al-Baihaqi)

7.   Doa Pada Waktu Sujud Dalam Shalat. Dari Ibnu Abbas ra, bahwa Rasulullah saw bersabda. Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan”. (HR. Muslim)

8.   Pada Saat turun hujan Dari Sahl bin Sa’ad ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda. Dua doa yang tidak pernah ditolak ; doa pada waktu adzan dan doa pada ketika turunnya hujan. (HR. Al-Hakim)

9.  Pada Saat Musibah Kematian. Dari Ummu Salamah bahwa Rasulullah saw mendatangi rumah Abu Salamah (pada hari wafatnya), dan beliau mendapatkan kedua mata Abu Salamah terbuka lalu beliau memejamkannya kemudian bersabda. Sesungguhnya tatkala ruh dicabut, maka pandangan mata akan mengikutinya’. Semua keluarga histeris. Beliau bersabda : ‘Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para malaikat mengamini apa yang kamu ucapkan”…. (HR. Muslim)

10.  Pada Malam Lailatul Qadar. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.
Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar”. (Qs. Al-Qadr 97: 3-5)
Imam Asy-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan. (Tuhfatud Dzakirin hal. 56)

11. Doa Pada Hari Arafah.Itulah waktu yang baik untuk berdoa , Semoga  kita  menjadi orang yang dilindungi dan dirahmati Allah SWT dan  doa doa kita selalu didengar dan dikabulkan oleh Allah SWT, Amin ya rabbal alamin.

Bagi Saudara-saudara yg sudah merasa cukup lama berdo'a tapi tidak jua dikabulkan, cobalah membaca artikel Disini : MENGAPA DOA KITA TIDAK DIKABULKAN. Moga bermanfaat, Amin.

(sumber dari sahabat)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Waktu Yang Mustajab Untuk Memanjatkan Doa Agar Doa Kita Cepat Dikabulkan"

Post a Comment