Pohon Yang Tumbuh Dari Dasar Neraka

Ilustrasi gambar : Google Image

Pohon Neraka - Seperti halnya disurga,  Neraka juga ditumbuhi pohon yang menjadi sumber makanan bagi penghuninya kelak, namun sangat berbeda dengan pohon-pohon yang ada disurga yang menumbuhkan beraneka ragam buah-buahan yang nikmat rasanya, 


Buah dari pohon neraka memiliki rasa yang sangat menyiksa bagi yang memakannya dan meyeramkan bagi yang melihatnya, Karena didalam Neraka tidak terdapat kesenangan sedikitpun Yang ada hanya penderitaan dan siksa yang teramat dahsyat.

Berdasarkan beberapa ayat,  didasar neraka Saqar atau Zahannam ada sebuah pohon yang tumbuh yang bernama Pohon Zaqqum, Dimana neraka Jahannam setelah dinyalakan hingga mendidih dan mengkilap seperti kotoran minyak, yang didalamnya penghuninya sungguh sangat kelaparan dan memakan buah dari pohon Zaqqum itu dengan rakus sehingga memenuhi perutnya dan mereka minum air sangat panas seperti unta kehausan hingga meleleh dan hancur isi perutnya.

Rasulullah Shallahu’alaihi wa Sallam bersabda menggambarkan tentang keadaan Pohon tersebut ”Seandainya setitik dari zaqqum diteteskan di dunia niscaya akan menghancurkan kehidupan semua penghuninya. Lalu bagaimana dengan keadaan orang yang menjadikan zaqqum sebagai makanannya?”

Tentunya kita membayangkan begitu dahsyat dan ngerinya Pohon dan makanan yang diperuntukkan bagi penghuni Neraka tersebut yang bahkan setetes saja air dari pohon Zaqqum yang diteteskan kedunia maka dunia dan penghuninya akan hancur lebur dan binasa karena panasnya air tersebut.

Beberapa nash Al-qur’an menerangkan tentang sifat-sifat dari Pohon Zaqqum tersebut,

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, ”(Makanan surga) itulah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum. Sesungguhnya kami menjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang dzalim. Sesungguhnya ia adalah sebatang pohon yang keluar dari dasar neraka jahim. Mayangnya seperti kepala syaitan-syaitan. Maka sesungguhnya mereka benar-benar memakan sebagian dari buah pohon itu, maka mereka memenuhi perutnya dengan buah zaqqum itu. Kemudian sesudah makan buah pohon zaqqum itu pasti mereka mendapat minuman yang bercampur dengan air yang sangat panas. Kemudian sesungguhnya tempat kembali mereka benar-benar ke neraka jahim”.(As Shaffat:62 – 68 )

Dalam firman yang lain dikatakan, “Sesungguhnya pohon zaqqum itu, makanan orang yang banyak berdosa. (Ia) sebagai kotoran minyak yang mendidik di dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas”.(Ad Dukhaan:43-46)

Allah Subhanahu wa ta’ala juga melansirnya di dalam firman-Nya, “Kemudian sesungguhnya kamu hai orang yang sesat lagi mendustakan, benar-benar akan memakan pohon zaqqum, dan akan memenuhi perutmu dengannya. Sesudah itu kamu akan meminum air yang sangat panas. Maka kamu minum seperti unta yang sangat haus minum. Itulah hidangan untuk mereka pada hari pembalasan”.(Al-Waqiah:51-56)

Informasi tentang pohon zaqqum juga dijelaskan dalam surat  al-Isra ayat 60. Allah SWT menyebut pohon ini sebagai pohon terlaknat.

“Kami tidak menjadikan mimpi yang telah Kami perlihatkan kepadamu, melainkan sebagai ujian bagi manusia dan (begitu pula) pohon kayu yang terkutuk dalam Al Quran. Dan Kami menakut-nakuti mereka, tetapi yang demikian itu hanyalah menambah besar kedurhakaan mereka”. (QS. al-Isra: 60).

Ayat ini diturunkan untuk memperingatkan orang kafir saat Nabi Muhammad menjelaskan tentang ancaman akhirat. Saat itu Nabi Muhammad SAW menjelaskan apa yang dilihatnya saat melakukan perjalanan Isra’ Mi’raj salah satunya pohon zaqqum. Namun hal ini justru membuat mereka semakin kafir. Mereka berpikir bagaimana mungkin pohon bisa tumbuh di dasar neraka yang apinya menyala-nyala.

Bahkan dalam sebuah riwayat Ibnu Abbas yang ditafsirkan Ibnu Katsir menyebutkan “Bahwa setelah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang pohon Zaqqum, Abu Jahal langsung berkomentar,
“Sini, ambilkan kurma sama krim susu.” Lalu dia mengunyah kurma dan krim itu. Sambil mengatakan, “Tazaqqamuu (telan ini). Kami tidak kenal istilah zaqqum selain ini.” (Tafsir Ibnu Katsir, 5/92).”

Allah SWT juga menjelaskan dalam surat ad-Dukkhan dan Waqi’ah bahwa zaqqum adalah makanan untuk para pembuat maksiat dan mendustakan. Makanan ini bisa menghancurkan isi perut, namun mereka terpaksa memakannya karena tidak ada lagi yang bisa dimakan di neraka.


Kita sebagai umat Islam tentunya harus mempercayai adanya Pohon Zaqqum ini, karena berita tersebut telah disampaikan langsung dari Allah Subhanahu wa ta’ala melalui ayat-ayat Al quran dan Rasulnya, dengan berita tersebut mudahan kita lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT didunia dan mudahan kita semua termasuk orang-orang yang diselamatkan diakhirat kelak, Amin.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pohon Yang Tumbuh Dari Dasar Neraka"

Post a Comment