Bacaan doa setelah minum obat

BACAAN DOA SETELAH MINUM OBAT


Image from: pixabay.com

Tidak ada yang mampu memberikan kesembuhan dari penyaki-penyakit selain Allah Ta’ala. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan yang berasal dari-Nya. Tidak ada yang mampu menyembuhkan kecuali Dia. Hal ini seperti dikatakan Nabi Ibrahim ‘alaihis salaam dalam Al Qur’an, “Dan apabila aku sakit. Dialah (Allah) yang menyembuhkanku” (As Syu’araa: 80). 

Keimanan dan keyakinan bahwasannya yang mampu menyembuhkan hanyalah Allah semata bukan berarti menjadi penghalang seorang hamba untuk mengambil sebab kesembuhan dengan melakukan pengobatan. Terdapat banyak hadits dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang perintah untuk berobat dan penyebutan tentang obat-obat yang bermanfaat. Hal tersebut tidaklah bertentangan dengan tawakal seseorang kepada Allah dan keyakinan bahwasanya kesembuhan berasal dari Allah Ta’ala.

Dari sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “ Semua penyakit ada obatnya. Jika sesuai antara penyakit dan obatnya, maka akan sembuh dengan izin Allah” (HR Muslim 2204)

Dalam hadits yang lain dari sahabat Abu Hurairah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah Allah menurukan suatu penyakit, kecuali Allah juga menurunkan obatnya” HR Bukhari 5354).

Maka setelah kita melakukan pengobatan atau setelah minum obat hendaknya kita berdoa kesembuhan kepada allah swt, berikut Doa setelah berobat/ minum obat lengkap latin dan artinya,



Latin:
BISMILLAAHISY SYAAFII, BISMILLAAHIL KAAFII, BISMILLAAHIL MU'AAFII, BISMILLAAHI LADZII LAA YADHURRU MA' ASMIHII SYAI-UN FIL ARDHII WALAA FIS SAMAA-I WAHUWAS SAMII 'UL 'ALIIM

Artinya :
Dengan nama allah Tuhan yang menyembuhkan, Dengan nama Allah Tuhan yang mencukupkan, Dengan nama Allah Tuhan menyembuhkan. Dengan nama Allah, Tuhan yang dengan nama- Nya tidak ada sesuatu pun yang berbahaya baik dibumi maupun dilangit, Dan Dia adalah Tuhan, yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Demikian semoga bermanfaat bagi kita semua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan doa setelah minum obat"

Post a Comment