Inilah Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar






Berikut adalah beberapa amalan ringan pahala besar untuk kita lakukan yang dapat membawa kita menuju surga :

1. Menutup Aib atau cela Orang Lain

Ghibah atau menggunjing adalah salah satu dosa besar namun masih juga banyak orang yang melakukannya, bahkan Rasulullah SAW telah mengecam dengan mengatakan orang yang menggunjing atau suka membicarakan keburukan orang lain itu sama halnnya dengan memakan bangkai saudaranya sendiri.  tidakkah itu sabda yang keras dan tentunya menggunjing adalah hal yang dibenci Allah SWT.

Oleh sebab itu dengan kita menutup aib atau cela orang lain tentunya akan mendapatkan nikmat yang luar biasa di akhirat kelak, mereka yang menahan mulut dari menggunjing atau menjelekkan orang lain maka Allah SWT akan juga kelak menutup perkara aibnya di akhirat kelak, sebagaimana janji Allah SWT dari sabda Rasulullah SAW, beliau mengatakan,

“Tidaklah seorang hamba menutup aib seorang hamba di dunia, melainkan Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat.” (HR. Muslim).



2. Menengok Orang Yang Sakit

Suatu perkara yang mudah tapi banyak orang yang mengabaikan perbuatan mulia ini, ini adalah termasuk amalan yang ringan untuk dilakukan tapi mempunyai pahala besar bila kita ikhlas melaksanakannya, hanya menegok saudara kita yang sedang sakit dengan ikhlas karena Allah maka Allah SWT akan memuliakan kita diakhirat kelak, sebagaimana Sabda Rasulullah SAW,

“Barangsiapa menjenguk orang sakit atau mengunjungi saudaranya karena Allah, maka malaikat berseru: ‘Engakau adalah orang yang baik, langkahmu adalah langkah yang baik, dan engkau telah mendapatkan suatu posisi di surga’ “ (HR. Tirmidzi dan Abu Hurairah).

Tentunya seperti Hadist diatas Allah SWT akan memberikan posisi di surga. Betapa mudahnya amalan ini hanya beberapa langkah kaki kita untuk Menengok Saudara atau Kawan kita yang sedang sakit Allah sudah Janjikan Surga yang mulia.


3. Memberi Makanan dan Minuman Pada Binatang
 
Perbuatan yang cukup mudah, Seperti kita ketahui Bintang adalah  juga merupakan makhluk yang diciptakan Allah SWT.  Tentunya kita harus menolong sebagai makhluk sesame ciptaan Allah, kalau kita menolong dengan ikhlas karena Allah SWT tentunya itu akan menjadi sebuah amalan kebaikan yang akan membawa kita kesurga Nya Kelak.


4. Menyingkirkan Benda dijalan yang Dapat membahayakan orang lain.
 
Hanya Menyingkiran atau memindahkan sesuatu benda yang dapat mencelakakan orang lain dengan ikhlas  tentunya kita akan mendapatkan kebaikan diakhirat kelak. Contohnya hanya menyingkirkan duri, batang pohon, batu kerikil dsb yang kita anggap berbahaya yang dapat menggangu atau bahkan mencelakakan pengguna jalan.  dan bahkan dengan perbuatan itu Allah SWT telah menjanjikan dengan surga, sebagaimana Sabda Rasulullah SAW, 

“Barangsiapa menyingkirkan gangguan dari jalan kaum muslimin, maka akan dicatat untuknya satu kebaikan, maka ia akan masuk surga.” (HR. Bukhari).

Nah Empat hal perbuatan sederhana ini terasa sangat mudah dilakukan kalau kita ikhlas melakukannya, tapi sayang banyak orang yang tertutup hatinya untuk melakukan perbuatan baik tersebut padahal hal tersebut teramat mudah dan ringan untuk dilakukan dan  besar ganjaran pahalannya. Semoga setelah kita mengetahuinya fadillahnya hati kita akan terbuka dengan ikhlas untuk melakukannya agar kita kelak mendapat rahmat dan surga Nya Allah SWT . Amiin.

Semoga bermanfaat dan silahkan share untuk kebaikan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Amalan Ringan Tapi Berpahala Besar"

Post a Comment