Inilah 4 Golongan Calon Penghuni Surga 'Adn

Ilustrasi gambar : pixabay.com

Allah telah menjanjikan bagi orang- orang yang beriman dengan balasan keondahan surga dan kenikmatan didalamnya, Dari beberapa tingkatan surga yang disiapkan oleh Allah SWT salah nya satunya adalah surga ‘Adn. Surga yang satu ini di ciptakan oleh Allah dari intan putih. Beberapa penghuninya nantinya juga akan diberi kesenangan tidak ada terkira.

Lalu siapa sajakah golongan yang dapat masuk kedalam surga ‘Adn. Allah SWT memberi sebagian prasyarat untuk menjadi kelompok penghuninya Sebagai berikut :


1. Orang yang Bertakwa Pada Allah SWT

Orang pertama yang juga akan jadi calon penghuni surga ‘Adn adalah mereka yang selalu bertakwa pada Allah SWT. Orang yang juga  wafat dalam kondisi baik dan beriman  yang langsung masuk kepintu surga. Hal semacam ini sesuai sama firman Allah SWT :

“(Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa. (Yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka), ‘Salaamun`alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan.’” (Q.S. An-Nahl [16]: 31-32)


2. Orang yang Benar-Benar Beriman serta Beramal Saleh

Bukan sekedar untuk beberapa orang yang bertakwa, nyatanya surga ‘Adn juga ditujukan untuk beberapa orang yang betul-betul beriman serta selalu mlakukan kebajikan dan amal shaleh. Beriman disini tujuannya adalah meyakini kehadiran Allah SWT dengan hati, lisan serta tindakannya. Melakukan apap saja yang diwajibkan kepadanya dan meninggalkan dari apa saja yang dilarang Allah SWT. Beberapa orang yang begini juga akan abadi ada dalam surga sebab mereka terhindari dari kemaksiatan serta kekafiran.

“Dan barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan beriman, lagi sungguh-sungguh telah beramal saleh, mereka itulah orang-orang yang memperoleh tempat-tempat yang tinggi (mulia). (Yaitu) surga Adn yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, mereka kekal di dalamnya. Dan itu adalah balasan bagi orang yang bersih (dari kekafiran dan kemaksiatan).” (Q.S. Thaahaa [2]: 75-76)


3. Orang yang Banyak Melakukan perbuatan Baik

Jadi orang baik adalah satu diantara hal yang wajib dikerjakan oleh golongan muslimin. Sebab kebaikan juga akan membawa kebahagiaan baik didunia maupun di akhirat nantinya. Bahkan juga orang yang selalu melakukan perbuatan baik pada sesama juga akan dibalas oleh Allah SWT dengan dimasukkannya kedalam surge ‘And. Disini, beberapa penghuninya juga akan di beri perhiasan berbentuk gelang-gelang dari emas serta mutiara. Bahkan juga mereka juga akan dipakai baju dari sutera, hal itu sesuai sama firman Allah Ta’ala yang berarti :

“Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan di antara mereka ada (pula) yang lebih cepat berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. (Bagi mereka) surga Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas, dan dengan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (Q.S. Fathir [35]:32-33)


4. Orang yang Sabar, Menginfakkan Hartanya Serta Membalas Kejahatan Dengan Kebaikan

Kelompok paling akhir yang juga akan jadi penghuni surga ‘Adn yakni orang yang sabar serta menginfakkan harta dan membalas kejahatan dengan kbaikan. Sudah pasti sedikit susah untuk mjadi orang golongan ini, walau demikian untuk mereka yang beriman serta bertakwa itu adalah satu hal yang gampang. Hal semacam ini karena mereka ketahui balasan mengagumkan dari Allah jika mereka dapat melakukan perintah itu.

“Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik). (Yaitu) surga Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu.” (Q.S. Ar Ra’d [13]: 22-23)


Itulah  kelompok orang yang akan menjadi penghuni surga ‘Adn. Sudah pasti hal semacam ini jadi berita menggembirakan untuk orang yang beriman mendengarnya. Mudah-mudahan kita termasuk juga kedalam kelompok beberapa orang yang memperoleh tempat mulia itu. Amin.

Sumber referensi : Infoyunik.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 4 Golongan Calon Penghuni Surga 'Adn"

Post a Comment