Syetan Pun Lari Ketika Bertemu Umar Bin Khattab RA


Kisah Para Sahabat Nabi - UMAR bin Khattab adalah satu diantara empat khalifah yang di kenal ciri-khasnya yang tegas, bijaksana, serta banyak ditakuti oleh golongan Quraisy ketika itu. 'Umar bin Khattab datang dari Bani Adi, satu diantara rumpun suku Quraisy, suku paling besar di kota Mekkah waktu itu. Ayahnya bernama Khattab bin Nufail Al Shimh Al Quraisyi serta ibunya Hantamah binti Hasyim, dari Bani Makhzum. 'Umar mempunyai julukan yang didapatkan oleh Nabi Muhammad yakni Al-Faruq yang bermakna orang yang dapat memisahkan pada kebenaran serta kebatilan. Pada jaman jahiliyah keluarga 'Umar termasuk dalam keluarga kelas menengah, ia dapat membaca serta menulis, yang pada saat itu adalah suatu hal yang langka.

Sebelumnya masuk Islam Umar bin Khattab R. A sempat menginginkan membunuh Nabi Muhammad SAW. Dia begitu ditakuti oleh golongan Muslimin ketika itu. Tetapi saat pintu hidayah masuk dalam hatinya. Jadilah kondisi Islam makin kuat. Serta penebaran Islampun bisa dikerjakan dengan terang-terangan. Umar bin Khattab setelah itu jadi penasihat paling dekat Nabi Muhammad sampai selama wafatnya Nabi Muhammad SAW. Pada th. 622 M, Umar turut dengan Nabi Muhammad S. A. W serta pemeluk Islam lainnya berhijrah (migrasi) (ke Yatsrib (saat ini Madinah) .

Ia juga ikut serta pada perang Badar, Uhud, Khaybar dan penyerangan ke Syria. Ia dipandang jadi seseorang yang paling disegani oleh golongan Muslim bahkan juga syetan juga takut sama beliau. Reputasinya yang memanglah populer mulai sejak masa pra-Islam, juga karena ia dikenal sebagai orang paling depan yang selalu membela Nabi Muhammad S.A.W dan ajaran Islam pada setiap kesempatan yang ada bahkan ia tanpa ragu sekalipun menentang kawan-kawan lamanya yang dulu bersama mereka ia ikut menyiksa para pengikutnya Nabi Muhammad S.A.W.

Diriwayatkan dari Muhammad bin Sa’ad bin Abi Waqqash dari ayahnya ia berkata, “Umar bin al-Khattab memohon supaya diizinkan masuk ke tempat tinggal Rasulullah SAW saat itu ada sebagian orang wanita dari Quraisy tengah berbincang-bincang dengan Rasulullah serta mereka bicara dengan suara nada yang keras lebih dari nada Rasululullah SAW. ”

Saat Umar masuk mereka selekasnya berdiri serta turunkan hijab. Sesudah di beri izin Umar masuk ke tempat tinggal Rasulullah SAW sesaat Rasulullah tertawa.

Kemudian Umar ajukan pertanyaan, “Apa yang buat anda tertawa wahai Rasulullah? ” Rasulullah SAW menjawab. “Aku heran pada wanita-wanita yang ada di sisiku ini, saat mereka mendengar suaramu, selekasnya mereka berdiri menarik hijab. ” Umar berkata, “Sebenarnya engkau yang lebih layak mereka segani Wahai Rasulullah.

Lalu Umar bicara pada mereka, ““Wahai para wanita yang menjadi musuh bagi nafsunya sendiri, bagaimana kalian segan terhadap diriku dan tidak segan terhadap Rasulullah?” Mereka menjawab, “Ya, sebab engkau lebih keras dan lebih kasar daripada Rasulullah SAW.”

Rasulullah SAW bersabda, “Wahai Ibnul al-Khattab, demi Allah yang jiwaku berada dalam genggaman tanganNya, sesungguhnya tidaklah syetan menemuimu sedang berjalan di suatu jalan kecuali dia akan mencari jalan lain yang tidak engkau lalui.”

Diriwayatkan dari ‘Aisyah r.a bahwa Rasulullah pernah bersabda, ”Sesungguhnya syetan lari ketakutan jika bertemu Umar”

Itulah cerita mengenai Khalifah Umar bin Khattab yang senantiasa disegani umat Islam serta di takuti oleh golongan kafir, bahkan syetan pun juga takut pada beliau. Demikianlah, kisah yang diriwayatkan Aisyah ra , sehingga menjadi kekuasaan Allah SWT. kalau Umar tak hanya ditakuti oleh musuhnya bahkan musuh gaib seperti Syetan pun takut kepadanya.

Sumber: Kisah Para Sahabat Nabi


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Syetan Pun Lari Ketika Bertemu Umar Bin Khattab RA "

Post a Comment