10 Kondisi Umat Nabi Muhammad Di Padang Mahsyar

Ilustrasi gambar : Google.com
Sahabat Nabi Mu’ad bin Jabal pernah bertanya kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam tentang pandangan beliau ketika ditanya firman Allah SWT surat An Naba [98] ayat 18

,ﻳَﻮْﻡَ ﻳُﻨْﻔَﺦُ ﻓِﻲ ﺍﻟﺼُّﻮﺭِ ﻓَﺘَﺄْﺗُﻮﻥَ ﺃَﻓْﻮَﺍﺟًﺎ

“yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok”,(18)Rasulullah SAW menjawab :

ﻳﺎ ﻣﻌﺎﺫ ﻟﻘﺪ ﺳﺎﻟﺖ ﻋﻦ ﻋﻈﻴﻢ

“Wahai Mu’adz, engkau bertanya tentang sesuatu yang besar?” Kedua mata Beliau yang mulia pun mencucurkan airmata. Selanjutnya beliau bersabda :“Ada 10 golongan dari ummat ku yang akan dikumulkan pada hari kiamat nanti dalam keadaan yang berbeda-beda.

Allah memisahkan mereka dari jama’ah kaum muslimin dan akan menampakkan bentuk rupa mereka [ sesuai dengan amaliyahnya di dunia] . Diantara mereka :

1. Ada yang berwujud kera, mereka yang berwujud kera adalah orang-orang yang ketika di dunia suka mengadu domba diantara mereka.

2. Berwujud Babi , adalah mereka yang ketika di dunianya gemar memakan barang haram dan bekerja dengan cara yang haram seperti cukai dan uang suap.

3. Berjalan berjungkir balik dengan muka yang diseret-seret , mereka ketika di dunia gemar makanriba.

4. Buta kedua matanya , adalah yang suka berbuat dzalim dalam memutuskan hukum [tidak menerapkan hukum Islam -red].

5. Tuli, bisu dan tidak tahu apa-apa , adalah orang yang ketika di dunianya suka ujub [ menyombongkan diri] dari amalnya.

6. Memamah lidahnya sendiri yang menjulur sampai ke dada dan mengalir nanah dari mulutnya sehingga jamaah kaum muslimin mereasa amat jijik terhadapnya. Mereka itu adalah golongan ‘ulama dan pemberi fatwa yang ucapannya bertolakbelakang dengan amaliyahnya.

7. Tangan dan kaki dalam keadaan terpotong , orang yang ketika di dunia suka menyakiti tetangganya.

8. Disalib diatas batang besi, adalah golongan orang yang suka mengadukan orang lain kepada penguasa dengan pengaduan bathil dan palsu.

9. Aroma tubuhnya lebih busuk dari bau bangkai, adalah golongan orang yang suka bersenang-senang dengan menuruti semua syahwat dan kemauan mereka tanpa mau menunaikan hak Allah pada harta mereka.

10. Berselimut kain yang dicelup aspal mendidih. Adalah orang yang suka takabbur , berlaku sombong dan membanggakan diri .”[ HR. Al Qurtubi].

Wallahu a’lam bi ash-shawab...



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kondisi Umat Nabi Muhammad Di Padang Mahsyar"

Post a Comment