Tips Berpuasa Agar Tetap Segar, Bugar Dan Sehat

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa pada bulan itu, Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh tak mendapatkan pasokan makanan selama sekitar 14 jam. Dalam keadaan tersebut, sistem metabolisme tubuh pun melambat dan tubuh akan lebih mudah merasa lemah dan lesu.

Berikut adalah beberapa Tips yang bisa anda lakukan saat menjalankan puasa agar tetap sehat dan bugar :


1. Makanlah makanan yang berserat tinggi
Saat awal berpuasa, karena belum terbiasa tentu anda akan merasa haus, lapar dan sering merasa pusing. Hal ini memang wajar terjadi, karena tubuh anda perlu penyesuaian. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi makanan yang butuh dicerna lebih lama. Ketika sahur, cobalah untuk makan makanan yang banyak mengandung serat, bulir utuh serta biji - bijian, karena makan dengan jenis ini bisa menunda lapar anda ketika berpuasa.

2. Jangan makan makanan terlalu  asin
Hindari menyantap makanan terlalu asin setiap hari, baik pada saat berbuka puasa maupun sahur. Makanan yang terlalu asin dapat menyebabkan tubuh mudah dehidrasi.

3. Perbanyak minum air
Struktur tubuh kita lebih banyak memerlukan cairan. Karena itulah penuhi kebutuhan tubuh terhadap cairan dengan meminum air minimal 8 gelas sehari. Tetapi anda juga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

4. kurangi juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung  gula dan garam.
Dengan mengurangi konsumsi kedua bahan tersebut, anda bisa berpuasa dengan lebih mudah dan terhindar dari bau mulut tak sedap atau mudah haus. Karena gula dan garamlah yang bisa menyebabkan bau mulut dan mudah haus tersebut.

5. Jangan terlalu banyak makan saat buka dan sahur
Disaat berbuka puasa anda pasti berpikir untuk makan makanan yang tersaji dan menghabisinya hingga anda puas. Tetapi itu tidak baik bagi tubuh anda. Saat anda makan, usahakanlah untuk mengunyahnya secara perlahan, jangan terburu - buru menghabiskan dengan segera menelannya. Makan secara perlahan berarti memberi kesempatan kepada makanan anda untuk terpecah dan terkunyah hingga akhirnya bisa di cerna secara maksimal.  Makanan yang dinikmati dengan perlahan dan sepenuh hati akan memberi kepuasan untuk perut anda sekaligus untuk ketenangan jiwa anda.

6. Olahraga ringan setelah berbuka puasa
Berolahraga setelah berbuka puasa adalah hal sangat dianjurkan. Karena hal ini dapat menjaga berat badan Anda. Tak hanya itu, hal ini juga bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan aliran darah. Olahraga yang tepat dilakukan setelah buka puasa adalah olahraga ringan seperti peregangan otot ataupun jalan kaki saat akan menunaikan ibadah sholat di masjid.


Bulan puasa juga waktu yg tepat untuk berhenti merokok , Asap rokok membahayakan diri dan orang-orang sekitar Anda. Ketika puasa anda dapat menahan kebiasaan merokok dan cobalah niatkan untuk berhenti merokok sehingga pada bulan-bulan berikutnya akan lebih mudah meninggalkan perilaku tersebut.

Itulah beberapa tips agar tetap sehat dan bugar ketika berpuasa. lakukanlah semua tips diatas agar anda dapat menjalani ibadah puasa anda secara lancar.  Semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Berpuasa Agar Tetap Segar, Bugar Dan Sehat"

Post a Comment