Cara Melaksanakan Sholat Sunnah Taubat Nasuha Lengkap

Image : Google search
Sholat Sunnah taubat adalah sebuah cara untuk meraih salah satu derajat amal yang tinggi di sisi Allah, yaitu taubat Nasuha. Cara untuk mengerjakan Sholat Taubat sesungguhnya hampirlah sama dengan cara kerjakan Sholat pada biasanya cuma saja ada perbedaan dari sisi bacaan dan niatan sholat serta doa sesudah sholat. Sedang untuk Sholat Taubat ini sendiri adalah Sholat Sunnah yg dikerjakan minimum 2 Raka’at serta maksimum dikerjakan sejumlah 6 Raka’at yg disetiap 2 Raka’atnya masing – masing disudahi dengan salam. 

Apa manfaat Dari Sholat Sunnah Taubat?

Manfaat dari Sholat Sunnah Taubat adalah untuk memohon ampunan kepada Allah atas dosa yg sempat di perbuat baik dosa besar ataupun dosa kecil. Mengenai dosa besar menurut Al Qur’an adalah diantaranya Syirik (menyekutukan Allah), Melakukan perbuatan durhaka pada kedua orangtua, Membunuh , Menelan Riba, Memakan harta anak yatim serta melakukan perbuatan Zina. 

Maka bila anda seseorang muslim dan melakukan dosa besar seperti di atas maka hendaknya cepatlah memohon ampunan pada Allah Swt serta cepatlah kerjakan Sholat Sunah Taubat karna Keutamaan Sholat Taubat sendiri adalah untuk memohon dan meminta ampunan dari Allah Swt. 

Kapan Waktunya Mengerjakan Sholat Sunnah Taubat?

Untuk Waktu Kerjakan Sholat Taubat sendiri dapat dikerjakan kapan saja baik siang maupun malam, cuma saja janganlah mengerjakannya pd waktu subuh sampai terbitnya Matahari, Waktu Setelah Asyar sampai matahari menguning, Waktu menguningnya matahari sampai benar – benar tenggelam dan ketika matahari benar-benar berada di tengah sampai tergelincir ke barat. 

Kami sarankan untuk mengerjakan Sholat Taubat yaitu baiknya dilakukan sesudah anda kerjakan Sholat Isya atau di larut malam sehingga anda dapat kerjakan Sholat Taubat ini dengan lebih khusyu.

Syarat Untuk Melaksanakan Sholat taubat

Disamping itu, untuk memperoleh kemuliaan dalam melakukan Sholat taubat nasuha ada prasyarat yang perlu dipenuhi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Menyesali semua perbuatan dosanya. 
Penyesalan ini dengan diawali pernyataan sepenuh hati dengan penuh kejujuran dalam lubuk hati dengan segala kesalahan atau dosa yang sudah kita kerjakan. Ini untuk menghidupkan tingkat kesadaran hingga di masa datang tidak ada lagi rasa keinginan dalam melakukan dosa. 

Kemudian hadirkan dengan sepenuh hati rasa menyesal, sedih, serta takut kepada Allah Swt atas semua perbuatan dosa yang sudah kita kerjakan. Rasa ini akan muncul sesudah kita menyadari balasan ancaman Allah pada perbuatan dosa itu dan mengharapkan dengan penuh tawakkal pada rahmat Allah SWT. 

2. Berjanji Sepenuh Hati untuk tidak akan mengulanginya kembali. 
Seorang dapat disebutkan bertaubat bila perbuatan dosanya itu sudah betul-betul ditinggalkan serta tidak akan mengulangi kembali. Hal semacam ini dapat disebutkan dengan berhijrah. Sistem hijrah ini diperlukan untuk menutup rapat- rapat pintu peluang melakukan perbuatan dosa serta tidak akan membuka kesempatan lagi berbuat dan terulang kembali. 

3. Berjuang dengan sepenuh tenaga untuk istiqomah di jalan hidup yang baru. 
Selanjutnya, sesudah ke-2 prasyaratan di atas tercukupi biasanya Allah juga akan menguji kembali hamba yang sudah lakukan taubat itu. Ujian itu berbentuk dorongan untuk kembali lakukan dosa yang sudah kita tinggalkan atau dorongan untuk lakukan dosa yang lain. Allah Swt juga akan mencatat tiap-tiap amal serta ikhtiar yang kita kerjakan hingga tidak satu pun amal baik yang hilang dengan percuma. 

4. Mohon maaf pada sesama manusia, bila Kesalahan itu ada kaitannya dengan manusia. 
Sampaikanlah keinginan maaf dengan sepenuh hati serta dengan tulus. Mintakan juga ampunan pada Allah lewat lisannya. Terima dengan tulus hati bila pihak yang sempat kita sakiti itu masih tetap memendam amarah atau melemparkan cemoohan, demikian sebaliknya mintalah ampunan pada Allah untuk dia.

Bagaimana Cara Mengerjakan Sholat Sunnah taubat?

Cara untuk mengerjakan Sholat Taubat sesungguhnya hampirlah sama dengan cara kita mengerjakan Sholat pada umumnya, cuma saja ada perbedaan dari sisi bacaan dan niatan sholat serta doa sesudah sholat. Adapun Niat shoat Taubat adalah sebagai berikut,

Niat Sholat Taubat serta Terjemahan :

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّوْبَةَ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: 
Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.


Sesudah anda membaca Bacaan Niat Sholat Taubat di atas, Maka  dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah di masing – masing 2 Raka’at. 

Seperti Sholat pada umumnya Sesudah membaca Surat Al Fatihah maka bacalah Surat yang lain, lebih diutamakan membaca Surat Al Kafirun pada Raka’at pertama karna kandungan atau manfaat yg ada di Surat Al Kafirun begitu banyak. Lalu anda tinggal ruku, itidal, sujud serta kembali berdiri untuk lakukan Raka’at ke-2 atau Raka’at paling akhir. 

Di dalam Rakaat Ke-2 ini setelah membaca Surat Al-Fatihah disarankan untuk membaca Surat Al Ikhlas.


Doa Dan Dzikir  Sesudah Sholat Taubat 

Sesudah anda selesai kerjakan Sholat Sunah janganlah langsung beranjak berdiri dulu, Hendaknya anda duduk dengan khusyu serta perbanyak membaca Istighfar untuk memohon ampunan pada Alloh. Diupayakan membaca Istighfar dengan jumlah yang banyak, minimum 100 kali serta ditambahkan dengan Sholawat Nabi. 

Berikut Beberapa Bacaan Istighfar Setelah Sholat Taubat yang bisa Anda baca dibawah ini :

Bacaan Istighfar Sholat Taubat 1

استغفرالله العظيم الذى لااله الاهو الحي القيوم واتوب اليه توبة عبد ظالم لايملك لنفسه ضراولا نفعا ولاموتا ولاحياة ولانشورا.

Artinya
saya memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah, Tuhan yang senantiasa hidup dan mengawasi, saya memohon taubat kepada-Nya sebagaimana taubatnya hamba yang dholim yang berdosa tidak memiliki daya upaya untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

Bacaan Istighfar Sholat Taubat 2

أللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Ya Allah, Engkaulah Tuhan kami, tiada Tuhan melainkan Engkau yang telah menciptakan aku, dan akulah hamba-Mu. Dan aku pun dalam ketentuan serta janji-Mu yg sedapat mungkin aku lakukan. Aku berlindung kepada-Mu dari segala kejahatan yg telah aku lakukan, aku mengakui nikmat-Mu yang Engkau limpahkan kepadaku, dan aku mengakui dosaku, karena itu berilah ampunan kepadaku, sebab tiada yg dapat memberi ampunan kecuali Engkau sendiri. Aku memohon perlindungan Engkau dari segala kejahatan yg telah aku lakukan.

Bacaan Istighfar Sholat Taubat 3

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ تَوْ فِيْقَ اَهْلِ الْهُدَى وَاَعْمَالَ اَهْلِ التَّوْبَةِ وَعَزْمَ اَهْلِ الصَّبْرِ وَجِدَّ اَهْلِ الْخَشْيَةِ وَطَلَبَ اَهْلِ الرَّ غْبَةِ وَتَعَبُّدَ اَهْلِ الْوَرَعِ وَعِرْفَانَ اَهْلِ الْعِلْمِ حَتَّى اَخَافَكَ . اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْاَلُكَ مَخَا فَةً تَحْجُزُ نِى عَنْ مَعَاصِيْكَ حَتَّى اَعْمَلَ بِطَا عَتِكَ عَمَلاً اَسْتَحِقُّ بِهِ رِضَاكَ حَتَّى اُنَا صِحَكَ فِىالتَّوْ بَةِ خَوْ فًا مِنْكَ وَحَتَّى اَخْلِصَ لَكَ النَّصِيْحَةَ حُبًّا لَكَ وَحَتَّى اَتَوَ كَّلَ عَلَيْكَ فَ اْلاُمُوْرِ كُلِّهَاوَحُسْنَ ظَنٍّ بِكَ . سُبْحَانَ خَالِقِ نُوْرٍ


Artinya: Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu Taufiq(pertolongan)nya orang-orang yang mendapatkan petunjuk(hidayah),dan perbuatannya orang-orang yang bertaubat, dan cita-cita orang-orang yang sabar, dan kesungguhan orang-orang yang takut, dan pencariannya orang-orang yang cinta, dan ibadahnya orang-orang yang menjauhkan diri dari dosa (wara’), dan ma’rifatnya orang-orang berilmu sehingga hamba takut kepada-Mu. Ya Alloh sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu rasa takut yang membentengi hamba dari durhaka kepada-Mu, sehingga hamba menunaikan keta’atan kepada-Mu yang berhak mendapatkan ridho-Mu sehingga hamba tulus kepada-Mu dalam bertaubat karena takut pada-Mu, dan sehingga hamba mengikhlaskan ketulusan untuk-Mu karena cinta kepada-Mu, dan sehingga hamba berserah diri kepada-Mu dalam semua urusan, dan hamba memohon baik sangka kepada-Mu. Maha suci Dzat Yang Menciptakan Cahaya.


Jadi setelah Anda mengerjakan Sholat Sunnah taubat hendaknya perbanyaklah membaca bacaan Istighfar baik bacaan Istighfar yg ringkas ataupun yg panjang. Kemudian anda juga dapat bertaubat pada Allah dengan membaca doa menurut bahasa anda (Lisan Bhs Indonesia) karna Allah tentu mengetahui serta mendengar bacaan doa taubat anda.

Baca juga : Macam - Macam Sholat Sunnah Dan Pengertiannya, Salah Satunya Dapat Membuka Pintu Rejeki

Demikianlah beberapa keterangan yg dapat kami berikan kepada Anda berkaitan dengan cara- cara melaksanakan Sholat Taubat serta keterangan kami ini mudah-mudahan cukup jelas dan dapat dipahami oleh anda semuanya. Mudah-mudahan tulisan kami ini dapat berguna dan bermanfaat kita semua di dunia dan akhirat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melaksanakan Sholat Sunnah Taubat Nasuha Lengkap"

Post a Comment