Sebuah Pelajaran Dari Para Penambang


Ada beberapa orang pekerja penggali tambang. Sehari-hari mereka bekerja dalam tambang. Lantaran tambang ini kaya mineral alam, jadi selama berapa thn lamanya mereka tidak pernah berpindah tempat kerja. Jadi setelah sekian lama digali maka tambang itu semakin dalam. 

image : goriau.com
Hari itu mereka telah berada pada dasar terdalam dari kedalaman  tambang. Tiba- tiba seluruh saluran arus listrik dalam tambang ini putus. Lampu-lampu seluruhnya padam. Gelap gulita dibawah tambang itu, serta dalam waktu relatif cepat terjadi hirup pikuk didalam disana. 

Tiap-tiap orang berupaya menyelamatkan dirinya. Tetapi mereka sungguh kehilangan arah. Tiap-tiap mereka berlari mereka saling benturan serta tabrakan, tak tahu menabrak sesama pekerja atau menabrak dinding tambang. 

Kondisi kemudian menjadi bertambah buruk dikarenakan oleh hawa yang makin panas lantaran tidak ada udara atau AC. Sesudah lelah bergulat dengan kegelapan, mereka seluruhnya duduk lesu putus asa tanpa ada harapan bisa keluar. 

Salah Satu dari pekerja ini mulai bicara : ‘Sebaiknya kita duduk tenang daripada dengan cara panik mencari jalan ke luar. Duduklah dengan cara tenang serta berusahalah untuk rasakan hembusan angin. Lantaran angin cuma dapat berhembus masuk lewat pintu tambang itu. ’Mereka lantas duduk dalam hening. Waktu pertama mereka tidak bisa rasakan hembusan angin. Tetapi perlahan mereka jadi makin sensitif dengan merasakan hembusan angin sepoi- sepoi yang masuk lewat pintu tambang. Dengan mengikuti arah datangnya angin itu, mereka pada akhirnya dengan selamat keluar selamat dari kedalaman tambang yang gelap gulita itu. 

Hikmah yang bisa diambil dari cerita tersebut adalah :

Apabila bathin anda tengah gundah, gegabah serta panik, anda tidak bakal pernah lihat jalan keluar yang tepat. Anda perlu untuk menentramkan diri. Cuma dalam ketenangan anda dapat lihat pokok masyalah nya, maka anda bisa dengan cara tepat untuk membuat keputusan. Semoga bermanfaat… 

sumber: www. urbanoir. Net.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sebuah Pelajaran Dari Para Penambang "

Post a Comment