Seperti Gajah Yang Terikat Dengan Tali Kecil

Saat seseorang pria berjalan melalui beberapa kumpulan gajah, ia kemudian berhenti. Ia bingung dengan kenyataan jika makhluk-makhluk besar itu tengah diikat cukup dengan satu tali kecil yang terikat pada kaki depan mereka. Tidak ada rantai besar, tidak ada kandang. Jelas sekali jika gajah bisa saja melepaskan diri dari ikatan mereka setiap saat. Tapi kenapa mereka tidak melakukannya untuk melarikan diri. 



Dia lihat seseorang pelatih di dekatnya serta menanyakan pada pelatih itu. “Mengapa hewan-hewan itu cuma berdiri disana serta tidak berupaya untuk melarikan diri?” 

Sang pelatih itupun menjelaskan “Yah, saat para gajah itu masih kecil, kami memakaikan ukuran tali yang sama untuk mengikat mereka sekarang ini. pada usianya ketika itu, tali itu cukup kuat untuk menahan mereka. Waktu mereka tumbuh dewasa, mereka dikondisikan untuk yakin dan percaya jika mereka tidak bisa melepaskan diri. Mereka yakin jika tali itu masih tetap kuat dapat menahan mereka, hingga mereka belum pernah berusaha untuk membebaskan diri. ” Demikian keterangan dari pelatih gajah itu. 

Pria itu takjub. Hewan-hewan ini bisa jadi setiap waktu membebaskan diri dari ikatan tali kecil mereka itu. Tapi karena mereka yakin jika mereka tidak dapat, mereka terjebak tepatnya di mana mereka berada ini. 

Seperti gajah, berapakah banyak dari kita yang melakukan hidup bergantung dalam suatu keyakinan bahwa kita tidak dapat lakukan sesuatu, cuma karena kita pernah gagal  sebelumnya? 

Kegagalan ialah sisi dari evaluasi. Kita tidak boleh menyerah dan teruslah berjuang didalam hidup ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seperti Gajah Yang Terikat Dengan Tali Kecil"

Post a Comment